VAN LEE – Penderita Kelainan Jiwa Sumber Inspirasi Album Skizofrenia Autopsy

IMG-20160713-WA0011

Surabayastyle – Menjalani kesibukan sebagai karyawan perusahaan asuransi, tak membuat gitaris berbakat asal Surabaya Ovan Savianus atau lebih dikenal dengan nama Van Lee berhenti berkarya. Di akhir Tahun 2016, peraih The Best Guitar festival di Surabaya pada 2002 – 2004 ini merilis album perdana berjudul Skizofrenia Autopsy.

Ditemui di rumah kosnya kawasan Petemon Barat Surabaya, Pria 32 Tahun kelahiran Kalimantan, mengungkapkan bahwa album perdananya ini bergenre moderen metal atau Djent Progressive, dimana 12 lagu didalamnya bernuansa instrumental guitar.

Namun ada 4 lagu yang menjadi gacoan Van Lee agar musiknya diterima penikmat musik Indonesia, diantaranya  Skizofrenia Autopsy, Disciples Of Devil, Sweet Perception dan Redemption.

IMG-20160713-WA0013

Skizofrenia Autopsy sendiri menceritakan kisah hidup Van Lee yang mempunyai kerabat penderita kelainan jiwa, dimana tingkah laku buruknya berimbas pada orang terdekat, sehingga warna musik di judul ini lebih gelap dibanding lagu lainnya.

Digarap selama 7 Bulan dan dibantu 2 temannya serta mendapat dukungan Warbler Community Surabaya, abum yang seluruh proses rekamannya dilakukan di LCR Production. Van Lee tetap bersemangat menyelesaikan album perdananya ini walau tak ada dukungan sponsor.

“Bagi Saya, seorang musisi tak lengkap rasanya jika tidak mempunyai album sendiri, jadi setiap gitaris harus punya karya murni hasil sendiri, untuk itulah Saya bikin album intrumen karena Saya gitaris Solo”, ungkap Van Lee.

Dengan bekal pengalaman menjadi additional player di beberapa band metal seperti Arch Ange, Kratos Da Pova, Lentera dan Power Metal serta seabrek penghargaan. Van Lee cukup yakin albumnya ini diterima masyarakat yang ingin menikmati musik intrumen dengan warna baru.

“Respon untuk kalangan Nasional cukup baik, karena jarang ada gitaris bermain senar 8, sehingga album ini memberikan warna musik baru yang lebih Fresh”, tambahnya.

IMG-20160713-WA0012

Sobat yang ingin mengetahui bagaimana lagu berjudul Skizofrenia Autopsy, bisa klik disini.

Rencananya setelah merampungkan album perdana, Van Lee segera menggarap album kedua bernuansa ballad, namun tetap bermain solo gitar. (NE)