no comments

Sony a 9 Merevolusi Pasar Kamera Profesional

image002

Jakarta –  (12/06/2017), Sony hari ini memperkenalkan kamera digital revolusioner terbarunya, α9 (model ILCE-9) dan memberikan kesempatan bagi hadirin untuk mencoba secara langsung kamera digital inovatif dengan teknologi termutakhir yang pernah diciptakan Sony. Kamera Sony α9 terbaru menawarkan kemampuan fotografi yang tidak tertandingi oleh kamera mana pun – mirrorless, SLR dan lainnya. Hadir dalam acara Sony seorang fotografer profesional, Benny Lim yang memperlihatkan fitur-fitur menakjubkan dari Sony α9 dengan mengambil beberapa gambar dari pertunjukan langsung, termasuk penari balet, penampilan atlet senam, serta atlet bela diri Kendo dan Capoeira.

image003

Sensor Exmor RS™ CMOS

Kamera digital terbaru menawarkan kemampuan menakjubkan yang tidak mungkin didapatkan dengan kamera SLR modern termasuk pengambilan gambar terus-menerus tanpa-blackout3 sampai pada 20 fps4, kalkulasi perekaman 60 AF/AE per detik, [10] kecepatan shutter maksimal sampai 1/32,000 detik, dan masih banyak lagi. Semua ini memungkinkan karena sensor Exmor RS™ CMOS full-frameyang pertama di dunia—dapat melakukan proses data dengan kecepatan 20x lipat dibandingkan dengan kamera mirrorless full-frame Sony[11]. Sensor yang unik ini dikombinasikan dengan mesin prosesor BIONZ X dan LSI front-end yang dapat memaksimalkan performa keseluruhan.

Pengambilan gambar inovatif tanpa gangguan dan kecepatan yang memimipin di kelasnya7 ini dikombinasikan dengan sistem fokus yang memiliki fitur 693 titik fasa deteksi AF. Meliputi kurang lebih 93% dari frame, sistem fokus bisa memastikan bahkan untuk subjek yang bergerak cepat sekali pun dapat menangkap dan melacak di sepanjang frame.

image004

Fitur baru Dual Memory Slot membuat ruang penyimpanan semakin lega.

α9 terbaru memiliki fitur tanpa getaran, sepenuhnya elektronik, shutter anti-distorsi7 tanpa adanya bunyi cermin mekanik atau shutter, membuatnya menjadi peralatan fotografi yang sangat ampuh dalam segala situasi pemotretan yang membutuhkan keheningan. Untuk dapat memastikan penggunaan dan reabilitas secara maksimal, kamera dilengkapi dengan baterai Z dengan kapasitas baterai 2,2x lebih tinggi dari baterai W, dan juga dua slot kartu media SD, termasuk satu yang mendukung kartu UHS-II. Port Ethernet (terminal LAN melalui kabel) juga telah tersedia, dan sekarang telah ada pengaturan baru yang beragam, control dan penyesuaian yang sangat berguna bagi profesional yang sedang bekerja.

Standar Baru untuk Kecepatan dan Akurasi Fokus

Kecepatan memecahkan rekor yang sangat penting dari α9 adalah kombinasi dari sensor gambar Exmor RS 24,2 MP2 yang disusun, prosesor BIONZ X dan LSI front end.

Kekuatan pengolahan yang menakjubkan dari komponen-komponen ini memungkinkan kalkulasi AF/AE yang lebih cepat dan juga mengurangi hambatan pada EVF tampilan. Prosesor dan LSI front end juga berkontribusi terhadap pengambilan gambar terus-menerus dalam jumlah yang lebih banyak, memungkinkan fotografer untuk mengambil gambar pada 20 fps4 dengan perekaman AF/AE secara terus-menerus sampai 362 JPEG6 atau 241 RAW5.

Sistem AF inovatif pada kamera mendeteksi gerak kompleks, tak beraturan dengan akurasi yang lebih tinggi dari sebelumnya, dengan kemampuan untuk mengalkulasi AF/AE hingga 60 kali per detik10, terlepas dari pelepasan shutter dan pengambilan frame. Lebih lanjut, ketika shutter dilepaskan pada saat pengambilan gambar di keadaan diam, fungsi viewfinder elektonik tanpa blackout[12], memberikan kemudahan tampilan langsung bagi pengguna terhadap subjek tanpa gangguan di setiap waktu. Fitur ini menggabungkan semua keunggulan viewfinder elektronik dengan keuntungan kecepatan dan “in the moment” yang bahkan tidak bisa ditandingi oleh viewfinder optikal, dan telah tersedia di semua pengaturan gambar[13] termasuk pengambilan gambar terus-menerus kecepatan tinggi 20fps.

Dengan 693 titik AF deteksi fasa fokal meliputi hamper 93% dari frame, kamera memastikan peningkatan ketepatan dan keberhasilan mendapatkan fokus di situasi yang kadang sulit untuk mendapatkan fokus. Sistem AF Fast Hybridmenggabungkan performa kecepatan dan perekaman menakjubkan dari fase deteksi AF dengan ketepatan kontras AF—menghasilkan kecepatan 25% lebih tinggi jika dibandingkan dengan  α7R II, memastikan semua subjek yang bergerak dengan kecepatan tinggi dapat tertangkap.

 

Kemampuan Profesional di Body Ringkas

Kamera full-frame terbaru Sony dilengkapi dengan beragam kemampuan yang ditingkatkan, memberikan gaya pengoperasian profesional yang sebenarnya.

α9 memiliki fitur Tru-Finder  Quad-VGA OLED terbaru dengan resolusi dan penerangan tinggi, dengan kurang lebih 3.686 ribu titik untuk menghasilkan detail akurat dan sama dengan kenyataan. Tru-Finder terbaru, yang merupakan viewfinder dengan resolusi tertinggi yang pernah Sony integrasikan ke dalam kamera α, menampilkan desain optikal yang dilengkapi dengan elemen asferis dua-arah, berkontribusi dalam mencapai pembesaran 0.78x dan tingkat ketajaman seimbangan antara sudut ke sudut yang sangat menakjubkan. EVF juga telah disempurnakan oleh Lapisan ZEISS T* untuk mengurangi refleksi secara signifikan, dan dilapisi dengan fluor pada bagian lensa luar untuk menangkal debu.

Semua tergabung sehingga dapat menghasilkan penerangan 2x lebih tinggi dari Tru-Finder XGA OLED dari α7R II, menampilkan gambar viewfinder dengan tingkat kecerahan yang hampir sama dengan pemandangan nyata di frame, memastikan pengalaman pengambilan gambar natural. Frame rate yang dihasilkan Tru-Finder bahkan dapat disesuaikan keinginan, dengan pengaturan 60 fps atau 120 fps13 untuk menyesuaikan dengan pengambilan gambar.

image006

Sistem stabilisasi gambar 5 poros

α9 telah dilengkapi dengan stabilisasi gambar 5-poros inovatif yang dapat memberikan kecepatan shutter 5,0 tingkat9, memastikan kekuatan penuh sensor terbaru dapat terealisasi, bahkan pada keadaan pencahayaan yang kurang mendukung. Dengan setengah menekan tombol shutter secara mudah, efek dari stabilisasi gambar dapat dimonitor di viewfinder atau layar LCD, memungkinkan framing dan fokus secara akurat diperiksa dan dimonitor secara terus-menerus.

α9 juga menawarkan port Ethernet (terminal LAN kabel), menawarkan transfer file gambar secara mudah ke server FTP yang dituju dengan kecepatan tinggi, membuatnya menjadi pilihan ideal untuk studio fotografi, berita penting, dan acara olahraga dan masih banyak lagi. Sebagai tambahan, terdapat terminal sync, memungkinkan unit flash eksternal dan kabel untuk dapat terhubung secara langsung untuk sync flash secara mudah.

Fitur Baru untuk Operasi Cepat

Sony α9 terbaru memiliki beberapa fungsi fokus terbaru yang mendukung fokus lebih cepat dan mudah pada situasi beragam. Kamera dilengkapi dengan joystick multi-selektor di belakang kamera, memungkinkan fotografer untuk dapat memindahkan fokus secara mudah pada frame dengan menekan multi-selektor dengan arah ke atas, bawah, kiri dan kanan ketika mengambil gambar pada pengaturan fokus Zone, Flexible Spot atau Expanded Flexible Spot. Model baru juga menawarkan fokus sentuh di belakang layar LCD untuk dapat dengan mudah memilih, dan mengatur fokus ke titik fokus atau subjek yang diinginkan.

Kamera E-mount Sony terbaru, α9 telah dilengkapi dengan tombol pilihan penggunaan dan fokus yang terpisah, ditambah dengan tombol “AF ON” terbaru yang dapat ditekan untuk mengaktifkan autofocus secara langsung ketika mengambil foto atau video. 

image007

α9 dengan SEL100400GM

Kemampuan terbaru meliputi “Area Registrasi AF”, yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan area fokus agar dapat diingat dan digunakan dengan penugasan tombol yang dapat diubah. Terdapat juga kemampuan untuk menugaskan pengaturan spesifik (eksposur, kecepatan shutter , pengaturan saat penggunaan, dan lainnya)  pada tombol acak untuk dapat secara langsung digunakan ketika dibutuhkan. Kamera dapat mengingat dan secara otomatis menentukan titik fokus yang digunakan terakhir pada arah vertikal dan horizontal, secara langsung merujuk kepada arah tersebut ketika akan digunakan kembali. Untuk pengaturan yang lebih dalam, fitur “My Menu” telah tersedia, memungkinkan 30 pilihan menu untuk dapat diregistrasi untuk dapat digunakan ketika dibutuhkan.

Daya Tahan Baterai Dua Kali Lipat, Memori Dua Kali Lipat

Kamera α9 inovatif dilengkapi dengan baterai Sony terbaru (model NP-FZ100) dengan kapasitas 2,2x lipat lebih banyak dibandingkan dengan model full-frame Sony sebelumnya, memungkinkan untuk pengambilan video dalam waktu lebih lama. Berdasarkan masukan konsumen secara ekstensif, kamera terbaru menawarkan dua slot media card, salah satunya termasuk media UHS-II. Data yang sama dapat secara berlangsung direkam oleh kedua kartu, atau pengguna dapat memilih untuk memisahkan  RAW / JPEG atau gambar / video. Video juga dapat disimpan di kedua kartu sebagai cadangan dan pengaturan data yang lebih efisien.

Sensitivitas Tinggi dan Wide Dynamic Range

Rancangan sensor gambar  α9 yang unik mewakili puncak teknologi Sony. Sensor CMOS full-frame bertumpuk 24.2 MP2 telah diterangi dari belakang, memungkinkan untuk menangkap gambar dengan penerangan maksimal dan menghasilkan gambar dengan kualitas sama yang nyata menakjubkan. Sensor juga telah memungkinkan rentang ISO dari 100 – 51200, dapat diperbesar hingga 50 – 204800[14] memastikan kualitas gambar optimal dengan gangguan rendah pada semua pengaturan.

Prosesor BIONZ X yang telah ditingkatkan memiliki peran penting dalam kualitas gambar, membantu meminimalisir gangguan pada tingkat sensitivitas tinggi dan juga mengurangi pembatasan sensitivitas ISO di situasi dimana kualitas gambar tinggi diperlukan.

α9 terbaru juga mendukung 14-bit RAW belum terkompresi, memastikan pengguna untuk mendapatkan yang terbaik dari wide dynamic range yang dimiliki sensor.

 

Perekaman Video 4K

α9 terbaru merupakan kamera video yang sangat canggih menawarkan perekaman video 4K (3840x2160p) di sepanjang sensor gambar full-frame[15]. Ketika melakukan perekaman dalam format ini, kamera menggunakan pembacaan piksel secara penuh tanpa adanya penggandaan piksel untuk memperoleh informasi 6K, menghasilkan perekaman 4K berkualitas tinggi dengan detail dan ketajaman yang menakjubkan. Perekaman juga tersedia dengan ukuran Super 35mm yang terkenal.

Sebagai tambahan, kamera dapat merekam Full HD dengan 120 fps pada 100 Mbps, yang memungkinkan rekaman untuk dapat diperiksa dan disunting menjadi 4x atau 5x lebih lambat (slow motion video files) pada resolusi Full HD dengan pendeteksi AF.

Aksesori Terbaru

Sony telah mengeluarkan beragam aksesori terbaru untuk dapat melengkapi α9 terbaru, termasuk:

  • Baterai NP-FZ100 Rechargeable: Baterai berkapasitas tinggi dengan kapasitas kurang lebih 2,2x lipat dari baterai NP-FW50 W-series. Mendukung teknologi InfoLITHIUM, yang memungkinkan untuk menunjukkan kekuatan baterai tersisa dalam persentase dan gambar baterai lima tingkat di layar LCD.
  • VG-C3EM Vertical Grip: Menyediakan pengoperasian, cara memakai, dan desain yang sama dengan α9, daya tahan baterai dua kali lipat dan memungkinkan pengisian ulang baterai dengan USB melalui badan kamera.
  • NPA-MQZ1K Multi-Battery Adaptor Kit: Adaptor baterai eksternal mampu berfungsi sebagai cadangan eksternal untuk empat baterai seri Z dan juga sebagai pengisi ulang cepat. Kit dilengkapi dengan dua baterai NP-FZ10 yang dapat diisi ulang.
  • Ekstensi Grip GP-X1EM: Ekstensi grip dengan tampilan, kesan, dan desain yang sama dengan α9. Memungkinkan pegangan yang lebih solid pada kamera.
  • FDA-EP18 Eyepiece Cup: Eye piece cup dengan mekanisme mengunci.
  • Charger Baterai BC-QZ1: Pengisian baterai secara cepat. Mengisi ulang baterai seri Z baru dengan waktu kurang lebih 2,5 jam.
  • Lembar Kaca Pelindung Layar PCK-LG1: Pelindung layar yang keras, anti-pecah dengan pelapisan anti-noda untuk mencegah sidik jari yang membekas. Kompatibel dengan pengoperasian layar sentuh dan layar LCD yang dapat ditekuk.

 Harga dan Ketersediaan

Kamera α9 dengan lensa yang dapat diganti akan tersedia di Indonesia mulai Agustus 2017.

 

 

 

Tags:

Reply