Regenerasi Sempurna Axolotl Dilirik Pecinta Hewan

1

Axolotl albino mulai disuka pecinta reptil untuk dijadikan hewan peliharaan. Photo : Norman Edogawa

Surabayastyle – Axolotl, hewan sejenis Salamander  yang hidup di sungai Meksiko ini, menjadi trend baru bagi pecinta reptil untuk dijadikan binatang peliharaan baru. Uniknya satwa Satu ini mempunyai kemampuan meregenerasi tubuhnya secara sempurna.

Hal ini diungkapkan Budi Wonosasmito, pemilik toko peliharaan Turtle World, ketika ditemui di BG Junction Mall saat pameran reptile, Jumat (24/02/2017).

“Modelnya imut seperti Naga Air seperti salah satu karakter dalam film Pikachu, dan warnya ada yang putih, kunig, hitam dan pemeliharaannya mudah”, ujar Budi.

3

Budi Wonosasmito menunjukkan Axolotl kepada pengunjung pameran reptil. Photo : Norman Edogawa

Axolotl menjadi sasaran pecinta satwa untuk dijadikan hewan peliharaan, karena perawatannya tidak terlalu sulit seperti kucing maupun anjing, cukup membersihkan air, maka hewan ini mampu bertahan hidup sampai usia 5 Tahun dan bisa hidup di darat dalam waktu tertentu.

Karena perawatannya cukup mudah, hewan ini di habitatnya  sudah sangat sulit ditemui, kemungkinan karena kondisi air disana kurang baik bagi perkembangan Axolotl.. namun bagi pecinta reptile seperti Budi Wonosasmito, berhasil menangkarnya dan mengembang biakkannya.

2

Axolotl asal sungai di Meksiko mempunyai kemampuan meregenerasi diri secara sempurna. Photo : Norman Edogawa

“Ini adalah menjadi trend baru bagi penggemar aqua scape jadi dikombinasikan dengan ikan gak masalah, dan dia mempunyai satu keunikan yakni regenerasi sempurna, misal kaki putus, ekor putus bisa tumbuh lagi sempurna”, tambah Budi.

Untuk mendapatkan Axolotl bayi, bisa diperoleh dengan merogoh kocek sekitar Rp. 200.000 sedangkan usia dewasa dapat ditebus seharga Rp. 1.500.000.(NE)