Puti Kenakan Qibao Saat Rayakan Imlek

Puti Guntur Soekarno memakai Qibao karya Xiao Fen. Photo : Norman Edogawa

Surabayastyle – Merayakan Imlek 2018 di Masjid Cheng Hoo Surabaya, calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Puti Guntur Soekarno  (Puti) bakal memakai Qibao modifikasi karya Xiao Fen, yakni busana khas China yang dipadukan aksen batik.

Ditemui di masjid Cheng Hoo, Puti merasa senang dengan Qibao buatan designer asal Surabaya yang meraih penghargaan fashion show di Hong Kong beberapa waktu lalu. Perpaduan nuansa nusantara dengan pakaian khas China ini merupakan bentuk pluralisme seperti di Indonesia.

“Menurut saya kebudayaan di Indonesia itu ada proses alkuturasi berbagai kebudayaan yang ada di Dunia termasuk China, tapi ini tetap mempengaruhi fashion Indonesia juga, bahkan di dalam budaya Indonesia seperti misalnya kita lihat dari Palembang ada pengaruh dari China. Kemudian di tanah Jawa ini kan dulu ada pengaruh dari Putri Campa, itu sangat mempengaruhi akulturasi budaya Indonesia”, urai Puti.

Kolaborasi budaya Cina dan Indonesia dalam busana Qibao modifikasi ini terlihat serasi dengan pakaian yang dikenakan Puti. Photo : Norman Edogawa

Bermotif bunga dan di dominasi warna kecoklatan, busana Qibao ini terlihat selaras dengan pakaian berwarna Merah yang dikenakan Cawagub Jatim mendampingi Gus Ipul .

Memakai bahan Sutra dengan unsur Nusantara dan dihiasi bordiran khas China, pencipta busana Qibao modifikasi ini yakin kombinasi Kedua budaya tersebut sangat sesuai dipakai Puti merayakan Imlek tahun ini.

“Jadi itu ada china tapi tetap ada unsur Indonesianya, tetapi ada bordirannya yang tetap mengarah ke Qibao itu”, kata Xiao Fen. (NE)