LEONARD VALENTINO SUGIARTO – Menjadi Bijak Tak Harus Menunggu Dewasa

leonard2

Leonard Valentino Sugiarto (tengah) saat menjadi juara lomba lukis tingkat TK. Photo : Dok

Surabayastyle –Menjadi bijak tak harus menunggu tua, itulah yang diterapkan Leonard  Valentino Sugiarto, siswa berbakat dari Taman Kanak-Kanak Santo Carolus Surabaya yang lulus dengan nilai sangat memuaskan.

Di usianya yang 6 Tahun, Putra dari Wawan Sugiarto ini menjadi Master Of Ceremony (MC) di acara Anak-anak dan mengikuti pameran lukisan di Hotel maupun Mall. Meski jadwal mengikuti pameran lukis di beberapa tempat cukup padat, Leonard yang akrab dipanggil Leo tetap mengutamakan pendidikan, sehingga dirinya lulus dengan nilai di atas rata-rata.

Tak hanya mengikuti pameran, Leo pun sering mengikuti beragam lomba puisi dan sering menjadi juara, ilmu inilah yang juga dibagikan kepada teman sebayanya.

Ketika ditanya apa keinginannya ketika dewasa, seniman cilik ini ingin menjadi arsitektur. “Saya ingin bisa membangun gedung bertingkat yang tinggi dan Saya ingin membagikan ilmu yang Ku punyai”, jawab Leonard.

Wawan Sugiarto melihat potensi bakat yang dimiliki anaknya ketika usia 2 Tahun, Leo ingin menunjukkan bakatnya dengan mengikuti lomba lukis,  sehingga Wawan mendukung dan memfasilitasi bakat Putra Keempatnya tersebut.

“Keempat Anak Saya sejak kecil suka melukis termasuk Leo, karena dukungan orang Tua memberi pengaruh terhadap keberhasilan Anak dalam Satu bidang, sebagai Orang Tua Saya wajib memberikan arahan dan menyediakan fasilitas yang diperlukan”, urai Wawan.

Di era Globalisasi seperti saat ini, perkembangan bakat Anak memang harus didukung dan diawasi agar tidak terjebak dalam pergaulan negatif, dengan mengikuti lomba ataupun kompetisi bakat diharapkan sang Anak memiliki mental kompetitif dan tak gampang menyerah. (NE)