Langkah Jitu Hindari Sakit Jantung Koroner

1

Seorang pengunjung seminar gerakan jantung sehat takut ketika pemeriksaan darah untuk mengetes kadar koleterol dalam darah. Photo : Norman Edogawa

Surabayastyle – Faktor  terbesar penyumbang sakit jantung koroner adalah gaya hidup tidak sehat dan diabetes, sehingga penyakit tidak menular tersebut menduduki peringkat Pertama di Indonesia sebagai penyebab kematian terbesar.

Diungkapkan setelah acara  seminar Gerakan Jantung Sehat Indonesia Tangkal Kolesterol bersama Nutrive Benecol di salah Satu tempat kawasan Jalan Basuki Rahmat Surabaya. Minggu (06/08/2017). Untuk menangkal timbulnya sakit  jantung koroner, Dr. Agus Subagjo, SpJP. Mempunyai Dua langkah jitu agar masyarakat Indonesia terhindar dari penyakit mematikan tersebut.

“Langkahnya adalah hidup sehat, makan jangan berlebihan seperti Sunah Rasul makanlah ketika lapar berhentinglah sebelum kenyang, dan berolah raga teratur. Karena Dua itu yang paling utama untuk hidup sehat”, ujar Dr. Agus Subagyo, SpJp, Ketua Komunikasi, Informasi dan Edukasi YJI Cabang Utama Jawa Timur dan spesialis jantung dan pembuluh darah RSUD Dr.Soetomo Surabaya.



Pola pikir, pola makan dan pola gerak yang benar dapat menurunkan resiko munculnya sakit jantung koroner. Inilah yang harus dipahami masyarakat agar tidak terlalu stress, memakan makanan sehat yang rendah kolesterol serta menghindari kebiasaan sedentari yakni malas bergerak seperti duduk sepanjang hari di balik meja kerja atau meja usaha hingga memanfaatkan jasa asisten rumah tangga atau online untuk segala sesuatu.

“Pola gerak sehat praktis sebagai solusi hidup sedentari, serta program deteksi dini kolesterol tinggi dan risiko penyakit jantung koroner. Harapannya dengan mengenali pola pikir, pola makan, dan pola gerak yang sehat, masyarakat Indonesia dapat berperan aktif menjadi agen perubahan, tidak hanya untuk dirinya sendiri melainkan minimal dalam lingkungan keluarga dan sekitarnya”, ungkap Donny Bambang Iryanto selaku Senior Brand Manager Nutrive Benecol.

Dalam seminar ini juga digelar beragam kegiatan seperti pemeriksaan kolesterol dalam darah, senam B-FIT, talkshow  Langkah Tangkal Kolesterol yaitu: 1) Teratur periksa kolesterol;2) Awasi asupan dan pola makan; 3) Nikmati hidup tanpa rokok dan minuman beralkohol; 4) Giat Berolahraga dengan senam B-FIT; 5) Kendalikan berat badan dan hindari stress; 6) Awasi tekanan darah; 7) Lengkapi dengan NutriveBenecol 2x sehari., dan demo masak makan sehat. (NE)