Kelezatan Rawon Balungan Bu Kades Yang Jarang Dijumpai

rawon1

Surabayastyle, Adv –Meraih berjuta pahala di bulan Ramadhan dengan berbuat ragam kebaikan dilakukan seluruh umat Muslim di Dunia. Termasuk rumah makan “Rawon Balungan Bu Kades”, pun ikut ambil bagian dengan membagikan takjil selama bulan Puasa pada pengendara yang melintas di Jalan Jemursari 154, Surabaya.

Tak hanya itu, Rawon Balungan yang menawarkan sajian rawon kental dan bumbu khas desa peninggalan leluhur ini juga memberikan diskon 50% bagi pelanggan lama maupun pelanggan baru jika berbuka puasa di Rumah Makan Rawon Balungan Bu Kades selama Bulan Ramadhan.

“Ya, selain bagi takjil, Rawon Balungan Bu Kades juga memberikan diskon 50 persen bagi pelanggan yang makan di tempat,” jelas Vidya, pengelola yang juga pemilik Rawon Balungan Bu Kades.

IMG-20170610-WA0027

Rawon Balungan Bu Kades sendiri, selain kuah hitam pekat dengan rasa rempah gurih membuat rawon lezat ini jarang dijumpai meski banyak warung maupun rumah makan menjual rawon di Surabaya.

Masakan rawon, tambah Vidya, memang identik dengan kuah berwarna hitam. Hal ini karena bahan yang digunakan berasal dari bumbu kluwek.

Kata Vidya, untuk membuat rawon tidak sulit. Bumbu-bumbunya yakni, bawang merah, bawang putih, ketumbar, Sangrai, Kunyit, Jahe, Kemiri, Merica, Cabai Merah Segar, Daun Bawang, Kunir, Lengkuas, Pangkal Batang Serai dan Salam, Biji Kluwek, Daun Jeruk dan tentunya tulang serta daging sapi.

“Bumbu ini kemudian dicampur jadi satu dan dihaluskan. Setelah itu tumis di atas wajan hingga menegalaurkan bau harum,” kata Vidya.

rawon2

Rawon Balungan Bu Kades dalam kemasan beku untuk melayani pemesanan luar kota maupun luar pulau.

Untuk penyajiannya, lanjut Vidya, rawon yang masih hangat ditaburi bawang goreng serta irisan daun bawang. Selain itu, juga disertai telor asin dan touge sebagai penyempurna masakan.

Menurut Vidya, pada bulan Ramadan banyak pelanggan yang datang untuk berbuka puasa. “Kadang juga tidak pas waktu buka (puasa) saja. Ada yang setelah salat Tarawih juga datang untuk menyantap rawon balungan,” jelasnya.

Vidya juga menjelaskan, mengkonsumsi rawon balungan tak perlu khawatir dengan kolestrol. Karena, rawon selalu identik dengan kluwek. Kata Vidya, bumbu ini mengandung senyawa hipplipdemik dan hipotensip yang bisa berfungsi pengendalian lemak dan tekanan darah.

“Jadi menikmati rawon yang menggunakan bahan utama tulang daging sapi ini pun sehat dan aman karena kolesterol kita tetap terjaga,” jelasnya.

Sementara itu, Rizky Maulida, salah satu penikmat rawon balungan, mengaku, untuk mendapatkan rawon di Surabaya tidaklah sulit. Nah, rawon balungan Bu Kades ini tentunya menambah referensi soal kuliner rawon di Surabaya.(AL/NE)

“Rawon Balungan Bu Kades ini cukup enak, kuahnya hitam pekat dan rasa rempahnya yang gurih membuat rawon ini semakin lezat. Apalagi ditambah tulang dan dagingnya yang empuk membuat lidah jadi terus ketagihan,” pungkas perempuan berhijab ini.(AL/NE)