JOOX Fasilitasi Band Indie Perluas Distribusi Musiknya

Girindra Prabowo Okky (Kaos Hitam) didampingi manager band Seringai (Tengah). Photo : Norman Edogawa

Surabayastyle – Aplikasi musik JOOX bakal menggandeng band indie lokal Indonesia untuk memperkaya konten dan memberikan kesempatan kepada musisi indipenden mengenalkan karya mereka kepada khalayak lebih luas serta memperoleh pendapatan dari penyedia jasa musik streaming online.

Kerjasama antara JOOX dengan band indie ini dikemas dalam rangkaian acara JOOX Indie Workshop Roadshow di Empat kota. Salah Satunya digelar di Surabaya pada Rabu (14/03/2018) yang dihadiri vokalis Let’s Go C’Mon Baby, Anggie Koeswinanto dan Gedeletsgo, drummer Let’s Go C’Mon Baby dan Silampukau.

JOOX Indie Workshop Roadshow selain memfasilitasi band indie untuk memperluas distribusi karya musiknya agar menjadi bintang baru dan lebih mendekatkan musisi indiependen kepada penggemarnya.

“Kami ingin membantu para musisi indie untuk terhubung dengan penggemar mereka secara ekstensif melalui platform digital yang legal dan mendapatkan manfaat signifikan untuk mengembangkan musik mereka,” kata Girindra Prabowo Okky, GM Content Department of Tencent Indonesia.

Maraknya penyedia jasa music digital merupakan kesempatan bagus bagi musisi indipenden lokal agar makin lebih dikenal masyarakat luas sampai ke mancanegara. Karena mayoritas penduduk Indonesia memakai aplikasi JOOX sebagai sarana hiburan mendengarkan musik secara streaming.

“Jadi dengan ini kita membuka banyak jalan untuk semua musisi untuk ikut bergabung dengan JOOX. Kita ingin dikenal sebagai easy to approach juga dan disaat yang bersamaan untuk mendapatkan konten yang memang belum ada di JOOX. Dan mungkin berikutnya juga karena indie ini kan dari tahun ke tahun pendengarnya semakin banyak, anak muda sekarang apalagi kalau sudah lulus SMA mereka mulai mendengarkan namanya indie”, urai Girindra.

Setelah di Surabaya, acara ini akan diadakan juga di kota-kota lain seperti Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta. Bahkan menurut manager band Seringai, dengan mengikuti JOOX Indie Workshop Roadshow.  Band cadas yang dikelolanya telah mendapatkan beberapa manfaatnya.

“Kita melihatnya bahwa semakin besar music kita bisa diakses oleh semakin banyak orang itu semakin lebih bagus karena ini kan beroperasinya tidak hanya di Indonesia sebenarnya global. Dan menurut kita di Indonesia sendiri mereka (JOOX) adalah pemain yang utama karena mereka menguasai 34% share di industri streaming, jadi penting banget buat musik yang kita bawa”, pungkas Wendi Putranto. (NE)