Inilah Fakta Tersembunyi Di Film Coco

Surabayastyle – Disney Pixar’s “Coco” telah tayang di Indonesia sejak 24 November 2018 dan telah berhasil merajai puncak box office di Amerika Utara dan pasar international, dengan pendapatan USD 280 juta atau setara dengan 3,78 triliun.

Bagi penonton yang telah menonton film terbaru dari sutradara Lee Unkrich, dan mengamatinya secara teliti, pembuat film ini memberikan beberapa kejutan menarik dan fakta yang disembunyikan Pixar dalam film “Coco”. 

Berikut rangkuman kejutan tersebut :

1.    Anak Kembar di Keluarga Rivera 

Keluarga besar Miguel, yaitu keluarga Rivera memiliki keturunan anak kembar dalam beberapa generasi, dimana Miguel bertemu dengan paman kembarnya yaitu Tio Felipe dan Tio Oscar di Land of the Dead,  dan juga memiliki sepupu kembar, yaitu Benny dan Manny yang berusia 4 tahun.





2. Dante, Anjing Xolo yang Merupakan Ras Anjing Nasional dari Meksiko

Teman setia Miguel, Dante adalah seekor anjing Xoloyang merupakan kependekan dari Xoloitzcuintli—dimana ras anjing tersebut disebut sebagai anjing nasional dari Meksiko. Hampir tidak berbulu, anjing Xolo kebanyakan memiliki beberapa gigi yang hilang dimana karena hal itu, lidah mereka terbiasa menjulur keluar. Para filmmaker dari Coco tidak lupa untuk mengikutkan detail-detail tersebut untuk Dante, dimana teknik animasi untuk lidah Dante menggunakan teknik desain yang sama yang digunakan oleh Pixar dalam membuat pergerakan tentakel Hank, gurita berkaki tujuh yang merupakan karakter dari “Finding Dory”.

 

 

3. Temukan Marlin and Nemo di Disney-Pixar “Coco”!

Ketika adegan Miguel yang berhenti di tempat penjualan Alebrijes—atau yang dikenal sebagai penuntun arwah—di kota Santa Cecilia, penonton bisa menemukan Pepitaalebrijes dari Mama Imeldadapat ditemukan di sisi kiri Miguel. Tahukan kalian, bahwa ada juga dua ekor ikan clownfish di sisi sebelah kanan Miguel yang terinspirasi dari film Disney Pixar lainnya yaitu “Finding Dory”.

 


4. Banyak Desain Tengkorak Menarik

Mengambil lokasi di Land of the Death, para filmmaker dari Pixar banyak mengkreasikan desain tengkorak yang dipadukan sebagai unsur kreatif di film ‘Coco’. Desain tengkorak yang paling ikonik adalah desain tengkorak dipegangan gitar milik Ernesto de la Cruz, namun para penonton dapat menemukan desain tersebut di berbagai lokasi yang ada di Land of the Death, seperti gerbang dari Marigol Grand Central Station, desain jendela di Kantor Departmen Reuni Keluarga, pintu funiculars menuju mansion dari Ernesto, lampu panggung saat Miguel menyanyikan lagu “Un Poco Loco” dan bahkan lampu gantung di tempat DJ saat semuanya berpesta. 

 


5. Bertemu Kembali dengan Frida Kahlo, Seniman Self-Portrait Terkenal dari Meksiko di Land of the Dead 

Miguel bertemu dengan seorang seniman legendaris dari Meksiko, Frida Kahlo dalam petualangannya di Land of the Dead. Para filmmakermenggunakan beragam referensi—termasuk dari karya asli sang seniman—untuk menciptakan karakter Frida, dan juga mendesain kostumnya yang bergaya Tehuantepec, yang seringkali digunakan oleh seniman tersebut semasa hidup. Binatang peliharaan Frida Kahlo, monyet laba-laba yang seringkali muncul di dalam karyanya kembali dihadirkan sebagai seekor alebrije kera sebagai sang penuntun arwah. 

 


 

6. Lagu Ikonik, Remember Me’

Jika sudah menonton film “Coco”, kalian pasti akan sangat familiar dengan lagu yang satu ini. Lagu “Remember Me” dapat didengar beberapa kali selama pemutaran film, dari versi Ernesto de la Cruz hingga versi Miguel dan Mama Coco.  Lagu ini ditulis oleh Kristen Anderson-Lopez dan Robert Lopez, yang juga telah menulis lagu pemenang Oscar “Let It Go” dari Walt Disney Animation Studios’ 2013 yaitu “Frozen”. (NE)