Gus Ipul Peringatkan Warga Jatim Waspadai Angin Kencang

cuaca buruk

Foto cuaca buruk. sumber : http://kabar24.bisnis.com

Surabayastyle – Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul mengingatkan warga agar waspada karena sejumlah wilayah dilanda angin kencang. Selasa (07/02/2017).

“Hari ini ada kejadian akibat angin kencang terjadi, ke depan kami imbau agar masyarakat waspada karena angin kencang diperkirakan masih terjadi beberapa hari ke depan,” ujarnya kepada wartawan di Surabaya, Selasa malam.

Berdasarkan laporan yang diterima Gus Ipul,  hingga pukul 20.00 WIB,  wilayah seperti  Lumajang (1 kejadian) , Pamekasan (1 kejadian) , Kota Malang (5 kejadian), Situbondo (2 kejadian), Ngawi (1 kejadian), Probolinggo (2 kejadian), dan Kota Batu (1 kejadian) banyak pohon tumbang.

“Rata – rata kejadian ringan pohon tumbang dan beberapa atap rumah rusak karena pohon tumbang,” tutur orang nomor dua di Pemprov Jatim itu.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorolgi Klas 1 Juanda, sebelumnya telah memprediksi cuaca buruk di awal Februari 2017 dan mengumumkan adanya pusat tekanan rendah di Samudera Hindia sebelah barat Benua Australia sebesar 990mb pada 7 Februari 2017 untuk valid 00.00 utc (07.00 wib) mengakibatkan wilayah Jatim secara umum dan Surabaya secara khusus mengalami peningkatan kecepatan angin.

Karena itulah pada 7 Februari 2017, pukul 13.30 WIB terjadi kecepatan angin ekstrem sebesar 42 knot atau kurang lebih 80 kilometer per jam.

Gus Ipul juga mengaku telah menerima surat dari BMKG terkait potensi dan peringatan adanya angin kencang di Jatim untuk beberapa hari ke depan.

Dalam surat tersebut tertulis berdasarkan analisa medan angin (streamline) pada 6 Februari 2017, terdapat daerah pusat tekanan rendah di Samudera Hindia, sebelah barat Benua Australia.

“Akibatnya terjadi peningkatan kecepatan angin hingga mencapai 35 knots di seluruh wilayah Jatim dan gelombang laut tinggi mencapai 5 meter. Kondisi seperti ini diperkirakan terjadi hingga 13 Februari mendatang,” katanya.

Saat terjadi angin kencang, lanjut dia, perlu diwaspadai adanya hujan dengan intensitas lebat, terutama wilayah Jatim bagian utara (Tuban, Lamongan, Bojonegoro, Gresik, Mojokerto, Jombang), dan daerah Tapal Kuda (Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Probolinggo, Bondowoso, Situbondo).

Oleh karena itu, Gus Ipul mengingatkan kepada warga Jatim untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan, kemudian menghindari bangunan semi permanen, papan reklame, baliho besar atau pohon yang sudah tua atau lapuk.

“Yang tidak kalah penting terhadap pengguna jasa perairan agar tetap memperhatikan informasi dari BMKG,” pungkasnya. (NE)