no comments

First Love Never Dies

first-love

Pasti semua orang pernah mengalami namanya cinta pertama bahkan ada yang menjadi pacar pertama. Semuanya Dialami oleh seorang gadis bernama Mawar.  Mawar gak pernah tahu kapan pertama kali Dia merasakan cinta, Dia hanya tahu semakin hari Dia semakin suka dengan seorang pria bernama Tito.

Walaupun Mawar menyukai Tito (kakak kelas Mawar), tapi Dia tetep memendam perasaan itu karna takut orang bilang cewek gak bener. Tanpa disadari Mawar, Titopun juga menyukai Mawar dan semakin hari hubungan mereka saling dekat sampai akhirnya Tito menyatakan perasaannya kepada Mawar tepat dihari valentine.

Dengan senangnya Mawar, Dia langsung membalas rasa sukanya itu kepada Tito dan merekapun menjalani masa-masa cinta pertama (atau biasa disebut cinta monyet). Mawar dan Tito menjalani hari-hari yang sangat menyenangkan. Banyak hal yang dikerjakan bersama- sama dari belajar bersama, liburan bersama, mengikuti kegiatan sekolah (sekarang sering disebut ekstrakulikuler) bersama, sampai istirahat dan pulang sekolah pun mereka selalu bersama.

Saat Tito lulus SMP dan mau melanjutkan SMA, mereka saling berjanji untuk menjaga hubungan ini dengan baik apapun yang terjadi dan Mawarpun berjanji untuk belajar dengan giat supaya bisa satu sekolah lagi dengan Tito. Walau Tito masuk SMA tidak menjadikan alasan Tito untuk menjauhi Mawar, mereka tetap menciptakan suasana kebersamaan sama seperti di SMP dulu.

Mawar pun lulus SMA dan Mawarpun berhasil masuk SMA Tito, Titopun senang mendengar kabar itu. Walau Mawar dan Tito saling bersama, itu gak membuat keduanya bosan tapi justru makin menguatkan cinta yang ada dihati mereka berdua. Masa SMA adalah masa-masa saling mencari jati diri dan proses pendewasaan, maka dari itu gak jarang juga Mawar dan Tito bertengkar karna perbedaan pendapat, tapi kembali lagi apapun yang terjadi bukanlah alasan mereka untuk saling meninggalkan satu sama lain.

Tito lulus SMA, tidak membuat hubungan mereka renggang. Tito menunggu Mawar lulus SMA supaya mereka dapat kuliah seangkatan. Saat Mawar lulus SMA, mereka mendaftar dikampus bersama-sama dengan jurusan yang sama juga karna memang mereka menginginkan jurusan yang sama.

Masa-masa kuliah banyak waktu yang mereka lalui bersama, karna memang kegiatan kuliah jauh lebih banyak daripada sekolah, dari kegiatan yang menyenangkan dan kegiatan yang membosankan tapi tetep mereka jalanin berdua. Sampai ketika pada semester 3 tepat dihari valentine, Tito hilang tanpa kabar.

Mawar menelpon tapi handphonenya gak aktif, Mawar dating kerumahnya ternyata Tito dan keluarga sudah pindah. Mawar mencari kemanapun tapi tetap hasilnya gak ada yang tau keberadaan Tito. Mawar bingung harus bagaimana tapi Dia tetap mencari dan mencari keberadaan Tito, Mawarpun putus asa dan berhenti mencari Tito.

6 bulan setelah Tito pergi, Mawar mendapat telpon dari nomer misterius dan mengabarkan bahwa Tito sudah gak ada. Mawar yang kaget mendengar kabar itu langsung menanyakan dimana Tito dan apa yang terjadi padanya karna selama itupun Mawar masih menunggu Tito kembali. Yang menelpon Mawar, ternyata ibunya Tito dan mengabarkan bahwa Tito gak ada, Mawarpun meminta untuk bertemu ibunya karna banyak hal yang perlu Mawar tanyakan pada ibunya. Akhirnya ibunyapun menemui Mawar dan menceritakan semua yang terjadi pada Tito. Ibunya berbicara kepada Mawar, katanya.

“Mawar, sebelumnya ibu minta maaf yaa saying kalo ibu gak ngabarin kamu dulu-dulu karna memang Tito melarang menceritakan semuanya kepada kamu tapi ibu gak tega sama kamu karna ibu juga wanita, pasti ibu tau gimana bingungnya kamu mencari Tito”.

Mawar pun menjawab dengan rasa penasaran dan gak sabar mengetahui apa yang sebenarnya terjadi. Ibunya memulai bercerita.

“Mawar, sebenarnya Tito sakit. Sejak SMA Dia menahan sakit yang dideritanya karna gak mau melihat kamu sedih ataupun takut makanya Tito memutuskan untuk menyembunyikan penyakitnya. Mawar, Tito slalu ingin melihat senyummu daripada air matamu jadi tante harap kamu bisa mengerti. Saat masuk kuliah, dokter sudah memperingati tante membawa Tito keluar negeri untuk pengobatan tapi Tito gak mau karna dioperasi maupun gak tetap aja Dia akan meninggal. Tito cinta sama kamu, sayang.

Untuk itu Dia membiarkan kamu sakit hati ditinggalin tanpa kabar karna Dia tau kalo kamu cewek kuat yang bisa menahan rasa sakit itu, karna Tito beranggapan kamu bisa melewati semuanya tanpa Dia, hanya butuh waktu kamu akan melupakan Tito. Mawar sayang, semua yang Dia lakukan buat kamu, buat kebaikan kamu, buat kebahagiaan kamu. Hanya itu yang mau tante sampaikan sama kamu, Tito hanya meninggalkan kaset CD ini buat kamu.”

begitulah ibunya Tito menceritakan kepada Mawar dengan penuh air mata. Mawar pun terpaku mendengar semuanya, Dia hanya bisa diem tak berkata seakan ini mimpi buruk yang tak akan bisa dihentikan.   Setelah itu Mawarpun bergegas pulang untuk melihat apa isi dari kaset CD yang diberikan Tito itu.

first

Isi kaset CD Tito “Sayang, maafkan aku yang udah ninggalin kamu tanpa kabar. Aku sayang sama kamu sejak pertama kita ketemu, sejak itu aku berjanji pada didriku sendiri untuk gak melepaskan kamu dalam hidupku. Tiap hari aku berdoa supaya kita tak terpisahkan oleh apapun, ternyata Tuhan berkata lain. Awalnya aku gak trima atas penyakit ini tapi aku sadar karna kamu pernah bilang kalo cinta itu gak ada syarat apapun, gak ada syarat untuk gak pergi meninggalkan, gak ada syarat untuk hidup slamanya, gak ada syarat untuk untung dan rugi, karna cinta dari hati bukan dari pikiran. Aku tau suatu saat aku pasti akan ninggalin kamu tapi aku gak mau ninggalin kamu dalam keadaan kamu benci sama aku. Aku tau Mawar, apa yang aku lakuin ini salah tapi semuanya udah aku pertimbangkan. Aku tau kamu wanita kuat yang pernah aku kenal jadi aku yakin kamu bisa melewati semuanya. Suatu saat kamu akan mendapatkan kebahagiaan itu karna bukan aku kebahagiaanmu tapi orang lain, kita dipertemukan pasti ada alasannya dan alasannya itu hanya membuat kita semakin kuat dan tegar menjalani kehidupan ini karna gak semua kehidupan mulus-mulus aja, tapi ingatlah satu hal, kamu akan selalu ada dihati aku selamanya.

Mungkin saat kamu membuka kaset ini, aku udah gak ada tapi percayalah bahwa cintaku buat kamu akan abadi. Aku harap kamu bisa mengerti saying bahwa semua yang aku lakukan buat kebaikan kamu. Aku sayang sama kamu Mawar, selamanya”.

Mawar tak kuasa menahan kesedihannya, tak tau harus bagaimana lagi karna semuanya sudah terjadi. Mawar bergegas mencari makam Tito dan Dia hanya duduk terDiam melihat batu nisan yang bertuliskan nama Tito.

Cinta memang tak ada syarat untuk hidup selamanya tapi cinta bisa bertahan selamanya, jangan pernah sesali apa yang sudah pergi dari kita tapi cukup diikhlaskan dan didoakan karna kita tak pernah tau rencana Tuhan. Semua yang terjadi pasti yang terbaik yang sudah Tuhan pilihkan buat kita. Kita ibarat sebuah kereta dan masinisnya Tuhan, kereta itu masuk kesebuah terowongan yang panjang dan gelap tapi percayalah, masinis akan membawa kita keujung terowongan dan menuju kesebuah cahaya karna terowongan selalu mempunyai ujungnya, mungkin ada saat dimana kita down tapi percayalah semua akan indah pada waktunya.  Tuhan mempunyai waktu sendiri untuk kehidupan kita.

Penulis : Windha Mawarni / https://www.facebook.com/windhamawarni05?fref=ts

Reply