Cukup Nutrisi Dapat Cegah Kematian Ibu Hamil

Ratusan Perempuan dari Surabaya dan sekitarnya memanfaatkan konsultasi nutrisi bagi Ibu hamil dan menyusui dalam acara Kalbe Blackmores. Sabtu (17/03/2018). Photo : Norman Edogawa

Surabayastyle – Angka kematian Ibu (AKI) yang masih cukup tinggi pada tahun 2015. Menjadi agenda kampanye Kalbe Blackmores Nutrition di Surabaya untuk memberikan pengetahuan mengenai betapa pentingnya asupan gizi yang cukp bagi Ibu melahirkan dan menyusui. Bertema Blackmores Bunda PAS (Peduli Asupan Sehat), Sabtu (17/03/2018).

Memang AKI pada 2015 yakni 305 kasus  menurun dibandingkan pada 2012 sebanyak 359 kasus per 100.000 kelahiran hidup. Namun angka ini masih cukup tinggi karena Empat penyebab utama yaitu pendarahan, eklamsia, infeksi, serta komplikasi dari aborsi maupun persalinan. Inilah yang harus dipahami Perempuan Indonesia agar sehat dan selamat selama masa kehamilan maupun menyusui.

Khusus eklamsia pada masa kehamilan yang disebabkan factor genetik, kegemukan dan diabetes, serta peradangan dalam tubuh akibat aliran darah tidak lancer karena kekurangan gizi. Sebenarnya dapat dicegah dengan mencukupi kebutuhan mikronutrien, seperti memenuhi antioksidan penting diantaranya Selenium, Enzim Q10, minyak ikan, vitamin C dan Vitamin E untuk kehamilan yang optimal

Menurut dr. Noviani, Sp.GK untuk memenuhi asupan gizi seharusnya ideal, tidak boleh kurang maupun lebih, karena Keduanya dapat menyebabkan malnutrisi dan membuat bayi menjadi tidak sehat.

“Jadi kalau dibilang malnutrisi itu ada Dua, bukan cuma Under tapi juga Over. Dimana Under atau Over itu untuk kehamilan juga dampaknya kurang baik. Jadi alangkah baiknya kalau kita sudah berniat di usia subur mempersiapkan kehamilan untuk maksimal bayi dan ibunya sehat berarti persiapannya juga sebelum waktu hamil dan dan pada saat menyusui. Karena zat gizi yang paling baik adalah dari ASI”, ujar dr. Noviani.

Sedangkan untuk Ibu yang mengalami obesitas selama masa kehamilan, diharapkan tidak menurunkan berat badannya melainkan mengontrol kenaikan berat badan.

“Dan untuk Ibu hamil yang terlanjur obesitas, tidak boleh menurunkan berat badan pada saat hamil, tapi yang dikontrol kenaikan berat badannya tidak boleh terlalu besar”, tambah lulusan spesialis Gizi Klinik ini.

Menjawab masalah kurangnya  gizi yang dialami Ibu hamil dan menyusui, Kalbe Blackmores menyediakan suplemen penting yakni Blackmore Pregnancy And Breast – Feeding Gold untuk memenuhi  rangkaian asupan nutrisi yang diperlukan supaya Ibu dan bayi tetap sehat.

“Ini merupakan rangkaian nutrisi esensial untuk kesehatan Ibu dan tumbuh kembang buah hati. Dengan kandungan DHA, tinggi kalsium, zat besi yang membantu mengurangi resiko konstipasi, vitamin dan mineral lainnya yang diperlukan selama masa kehamilan dan menyusui. Blackmores Pregnancy and Breast – Feeding Gold dapat menjadi salah Satu opsi bagi Ibu hamil dan menyusui di Indonesia untuk dapat memenuhi asupan nutrisi yang penting dan sehat”, pungkas Dian selaku Marketing Manager Kalbe Blackmores Nutrition. (NE)