Beri Beasiswa Anak Berprestasi Kuliah Di Silicon Valley

Cawagub Jatim Azwar Anas memberikan keterangan di depan puluhan Jurnalis Surabaya mengenai beasiswa untuk anak berprestasi agar berkuliah di Silicon Valley. Photo : Norman Edogawa

 

Surabayastyle – Kemajuan dunia teknologi seharusnya dimanfaatkan secara optimal oleh generasi milenial. Untuk itulah Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Azwar Anas akan memberikan beasiswa kepada sekitar 1000 siswa berprestasi tiap tahunnya dari  tiap kota di Jawa Timur agar berkuliah di Universitas terkemuka di Dunia termasuk di Silicon Valley.

Beasiswa ini merupakan bentuk motivasi kepada anak muda  Jawa Timur bisa menjadi ahli teknologi informasi agar mampu berkompetisi dalam dunia digital kreatif. Program ini telah dilaksanakan Azwar Anas di Kabupaten Banyuwangi dalam program “Banyuwangi Cerdas”.

“Kami kerjakan sekarang ini ada sekitar 700 anak lebih kita beri beasiswa yang namanya Banyuwangi Cerdas. Kita kuliahkan di kampus-kampus hebat dan mereka ada program anak miskin berprestasi, anak yatim berprestasi, termasuk anak hafal Al-Qur’an berprestasi”. Ujar Azwar Anas

Kedepannya anak berprestasi yang menerima beasiswa tersebut dan kembali ke Indonesia. Mereka  akan mentransfer ilmunya kepada penduduk desa tertinggal dan terpencil selama 1 sampai 2 tahun. Agar menjadi lebih produktif dan mampu bersaing di era globalisasi. Hal ini telah dilaksanakan dalam program “Banyuwangi Mengajar”.

“Sebelum mereka bekerja sesuai dengan  minat mereka, kita wajibkan apa yang disebut ikut program Banyuwangi Mengajar. Nah mereka masuk ke desa terpencil dan kita beri insentif dan tinggal di desa itu. Rata-rata 1 sampai 2 tahun dan hasilnya dia bisa mendorong desa ini lebih produktif dan anak-anak termotivasi untuk belajar dan lebih baik”. Tambah Bupati Banyuwangi ini.

Azwar Anas menginginkan kedepannya bakal lebih banyak mengirimkan anak berprestasi berkuliah di luar negeri agar dapat membuat provinsi Jawa Timur lebih baik melalui karya dan inovasi mereka. Namun program tersebut terkendala oleh terbatasnya dana APBD dengan kapasistasnya sekarang sebagai Bupati Banyuwangi. (NE)