Andy Budiman Himbau Warga Agar Waspada Pungutan Liar

Andy Budiman menerima pengaduan warga Dukuh Kupang tentang pungutan liar di BPJS dan Pendidikan. Photo : Norman Edogawa

 

Surabayastyle – Banyaknya pungutan di sekolahan dan pelayanan BPJS yang seharusnya gratis karena ketidak tahuan masyarakat, membuat Andy Budiman menghimbau agar segera melaporkan kejadian pungutan di luar ketentuan kepada media maupun lembaga bantuan hukum. Hal ini diungkapkan Andy Budiman, Caleg DPR RI dari dapil 1 Surabaya, ketika menerima pengaduan warga Dukuh Kupang saat berjumpa dalam acara pentingnya merawat gigi. Sabtu (25/11/2017).

“Belum ada informasi yang cukup  dan memadai di kalangan warga mengenai hak mereka, karena itulah diperlukan pendampingan, jadi misalnya ada warga dikenai pungutan di sekolah dan rumah sakit, saya tadi sudah menyampaikan kepada wartawan, media dan juga menghubungi lembaga bantuan hukum”, ujar Andy Budiman.

Beberapa program pemerintah ada yang gratis bagi warga, namun seiring pelaksanaan di lapangan, masih banyak oknum yang memanfaatkan untuk mengambil keuntungan dari ketidak tahuan masyarakat. Sehingga Andy Budiman menghimbau masyarakat mencari informasi secara menyeluruh mengenai program tersebut agar tak dirugikan.

“Karena kita tahu ada banyak program pemerintah yang baik, yang sebetulnya disediakan untuk warga, BPJS untuk pelayanan kesehatan gratis, ada pendidikan gratis juga. Jadi ini yang harus terus menerus disosialisakan kepada masyarakat supaya mereka tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk pendidikan, kesehatan dan sebagainya”, tambah Pria dari Partai Solidaritas Indonesia ini.