Accor Jatim Tanam 1000 Pohon Mangrove

Karyawan dan jajaran Accor Jatim bersemangat tanam 1000 pohon mangrove di laut. Photo : Dok

Surabayastyle –¬†Sebagai sebuah bentuk tanggung jawab pelestarian¬† lingkungan dan mendukung program Planet 21 Day 2018, Accor Hotels Regional Jawa Timur tanam 1.000 pohon mangrove di Mangrove Wonorejo, Surabaya, Jumat (27/4).

Seratus orang lebih yang terdiri dari karyawan AccorHotels, General Manager (GMs) hotels di Jatim yang tergabung AccorHotels dengan menggandeng pelajar sekolah, Komunitas Tunas Hijau melakukan penanaman pohon di laut bertema ‘Acting Here’ Planet 21.

Program penanaman pohon adalah bagian dari sebuah program menyeluruh terkait lingkungan hidup dan sosial kemasyarakatan serta menempatkan program sosial berkelanjutan sebagai bagian penting dari strategi bisnis Accor di seluruh dunia, yaitu Planet 21. Bahkan jajaran pejabat hotel berjaringan ini tak segan menceburkan diri ke laut untuk tanam pohon bersama karyawan lainnya.

Salah satu perwakilan, General Manager (GM) Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya, Sugito Adhi mengatakan dengan mengusung tema Acting Here di kawasan mangrove langsung terjun di tengah laut untuk menanam bibit pohon mangrove sebagai tindakan nyata pelestarian lingkungan khususnya wilayah pesisir Surabaya agar terhindar dari dampak abrasi.

“Jadi, kami bisa mengetahui langsung bagaimana cara menanam pohon di tengah laut. Nantinya juga untuk membantu kelestarian alam terutama di laut,” katanya.

Dengan menggandeng pelajar dan komunitas lingkungan, lanjut Sugito, sebagai bentuk edukasi AccorHotels Regional Jawa Timur untuk terus mengkampanyekan pelestarian lingkungan hidup.

“Di Jatim sudah kali kelima melakukan tanam pohon. Pertama di tahun 2012, tahun sebelum tidak di daerah mangrove tetapi di daerah dataran tinggi seperti Pacet Mojokerto,” jelasnya.

Senada dengan GM Novotel Samator Surabaya Timur, Chairuddin Langkat. Menurutnya, AccorHotels Regional Jawa Timur juga meningkatkan fokus perusahaan untuk menjaga lingkungan di area hotel-hotel jaringan Accor beroperasi.

“Ini memang inisiatif kami, Planet 21 melaksanakan sosial kemasyarakatan di bidang lingkungan,” ujarnya.

Namun pada intinya, lanjut Langkat, tujuan utamanya adalah sama, untuk menggalang kontribusi aktif karyawan untuk melaksanakan komitmen Planet 21, dengan dukungan dari pelanggan dan mitra Accor, agar dampaknya berkelanjutan. (NE)